Jumat, 24 Desember 2010

Jumat, 24 Desember 2010

MENGAMBIL HAK ORANG LAIN
Abu Yazid al-Busthami bercerita, bahwasanya ia telah beribadah kepada
Allah selama bertahun-tahun, namun ia tidak dapat merasakan kelezatan
ibadah. Kemudian ia mendatangi ibunya dan berkata, “Ibu, sesungguhnya
selama ini aku tidak dapat merasakan nikmat dan manisnya ketaatan dan juga
ibadah, karena itu ingat-ingatlah apakah ibu memakan sesuatu yang haram
ketika mengandung atau menyusuiku?” Lama sang ibu berfikir, lalu berkata,
“Anakku, ketika dulu aku mengandungmu aku naik ke sebuah loteng, lalu
aku menemukan sesuatu yang di dalamnya ada keju, aku pun tertarik,
sehingga aku mengambil dan memakannya kira-kira sebesar jari dengan
tanpa izin pemiliknya.” Abu Yazid al-Busthami berkata, “Itulah yang
menyebabkanya. Sekarang saya mohon Ibu mendatangi pemiliknya dan
meminta kerelaannya.” Sang ibu pun berangkat menernui pemilik keju
tersebut, meminta kerelaanya dan si pemilik pun berkata, “Keju tersebut
telah aku halalkan untukmu”, si Ibu menceritakan hal tersebut pada anaknya
dan semenjak itulah Abu Yazid al-Busthami dapat merasakan manisnya
ibadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar