Jumat, 24 Desember 2010

Jumat, 24 Desember 2010

ZUHUD
Sebagian ahli zuhud bercerita, “Pada suatu hari aku pergi untuk
menunaikan ibadah haji. Di perjalanan aku melihat seorang wanita yang
berjalan tanpa membawa bekal dan kendaraan, dan ia terus-menerus
berdzikir serta memuji Allah Swt.. Lalu aku mendekati dan bertanya
padanya, “Mau kemana engkau?” “Aku mau ke baitullah, masjidil haram”,
jawabnya. Aku bertanya, “Aku lihat engkau tidak membawa bekal dan
kendaraan?” Maka ia balik bertanya, “Jika salah seorang di antara kamu
menyediakan hidangan, kemudian mengundang orang banyak, maka
pantaskah orang-orang yang diundang itu membawa makananya sendirisendiri?”
“Tidak”, jawabku. “Tamu-tamu Allah lebih berhak memperoleh
jamuan ini,” lanjutnya. Kemudian wanita tadi berangkat bersamaku menuju
Baitullah. Ketika sampai di tanah Batha ia bertanya, “Di mana rumah
Tuhanku? Di mana rumah Tuhanku?” Maka dikatakan padanya, “Sekarang
lihatlah, inilah rumah Tuhanmu.” Lalu wanita tadi masuk ke dalam masjid
dan dikatakana lagi padanya, “Inilah rumah Tuhanmu.” kemudian wanita tadi
meletakkan kepalanya di dekat Ka’bah sambil bergumam, “Ini rumah
Tuhanku, ini rumah Tuhanku.” Dia terus mengulang-ulang kata-kata itu
sampai suaranya tidak terdengar lagi. Lalu aku melihatnya, ternyata ia sudah
mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar