Jumat, 24 Desember 2010

Jumat, 24 Desember 2010

MUKJIZAT NABI SAW
Jabir bin Abdillah bercerita, “Pada suatu hari saya dan Nabi saw.
bepergian. Saya mengendarai unta, dan unta saya tersebut lelah, lalu saya
membawanya kepada Nabi saw.. Lalu Nabi saw. mendoakan unta tersebut,
lalu berkata padaku, “Naiklah!” Maka saya pun menaikinya dan ternyata unta
tersebut berlari sangat kencang, sehingga saya menjadi yang terdepan di
antara orang banyak. Nabi saw. bertanya padaku, “Apa pendapatmu tentang
untamu?” Saya menjawab, “Unta itu telah mendapat berkah engkau ya
Rasulallah.” “Apakah kamu mau menjualnya padaku?” lanjut Nabi saw. Saya
pun merasa malu. Kalau saya menolak, yang menginginkan adalah
Rasulullah; kalau saya jual, saya tidak memiliki unta lagi untuk mengairi
sawah.” Akhirnya saya menjawab, “Baiklah kalau tuan menghendaki.” Nabi
saw. pun memberikan uangnya, menambah dan menambahnya lagi sampai
kira-kira satu uqiyah (bungkus) emas. Nabi saw. berkata, “Naikilah unta itu
sampai Madinah.” Ketika sampai di Madinah Nabi saw. berkata pada Bilal
“Berikan uang pembayaran unta dan tambahi, kemudian kembalikan lagi
untanya pada Jabir.”
Imam Suhaili berkata, “Hikmah pembelian Nabi saw. terhadap unta
Jabir, lalu melebihkan harganya, dan mengembalikannya lagi pada Jabir
adalah isyarat terhadap firman Allah Swt.: “Sesungguhnya Allah membeli
dari orang-orang yang beriman diri dan harta mereka.” Juga firman-Nya:
“Bagi mereka yang melakukan kebajikan maka mereka akan mendapat
balasan baik pula serta tambahanya.” Juga firman-Nya: “Janganlah kamu
menyangka bahwa orang yang terbunuh karena membela agama Allah itu
mati, akan tetapi mereka itu hidup di sisi Tuhannya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar