Jumat, 24 Desember 2010

Jumat, 24 Desember 2010

PERUBAHAN RODA NASIB
Muhammad bin Abdurrahman al-Hasyimi bercerita, “Pada hari Raya
Idul Adha aku mendatangi ibuku. Di dekatnya kulihat ada serang wanita
yang pakaiannya kotor. Ibuku berkata, “Apakah kamu mengenal wanita ini?”
“Tidak,” jawabku. “Ini adalah Atabah ibunda Ja’far al-Barmaki,” sahut
ibuku. Kemudian aku memberi salam padanya dan berkata, “Ceritakan apa
yang telah engkau alami!” Dia menjawab, “Aku akan bercerita padamu yang
mengandung hikmah dan pelajaran bagi yang mau mengambil pelajaran,
“Suatu hari, pada hari Idul Adha seperti ini, di atas kepalaku terdapat empat
ratus resep obat. Dan aku mengira bahwasannya anakku, Ja’far telah berani
durhaka padaku. Sekarang aku datang pada kalian untuk meminta dua kulit
kambing, satu untuk baju dalam, satu lagi untuk selimut.” Lalu aku
(Abdurrahman) memberinya lima ratus dirham, dan aku menyuruhnya agar
ia kembali lagi bila membutuhkan sesuatu sampai ia meninggal dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar